Monday, September 10, 2012

KHASIAT DAN MANFAAT URICARIA GAMBIR SARAWAK ASLI


Khasiat dan Manfaat Uricaria Gambir Sarawak Asli. Sebelum membahas dan mengungkap rahasia dibalik kegunaan Gambir Sarawak ini ada baiknya kita tahu apa itu Uricaria Gambir Sarawak?. Gambir Sarawak adalah sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan bernama sama (Uricaria gambir Roxb.) lihat gambar di atas. Di Indonesia gambir pada umumnya digunakan pada menyirih. Kegunaan yang lebih penting adalah sebagai bahan penyamak kulit dan pewarna. Gambir juga mengandung katekin (catechin), suatu bahan alami yang bersifat antioksidan. India mengimpor 68% gambir dari Indonesia, dan menggunakannya sebagai bahan campuran menyirih.

KEGUNAAN URICARIA GAMBIR SARAWAK ASLI :

Kegunaan utama adalah sebagai komponen menyirih, yang sudah dikenal masyarakat kepulauan Nusantara, dari Sumatra hingga Papua sejak paling tidak 2500 tahun yang lalu. Diketahui, gambir merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses di perut dan usus. Fungsi lain adalah sebagai campuran obat, seperti sebagai luka bakar, obat sakit kepala, obat diare, obat disentri, obat kumur-kumur, obat sariawan, serta obat sakit kulit (dibalurkan); penyamak kulit; dan bahan pewarna tekstil.

Fungsi yang tengah dikembangkan juga adalah sebagai perekat kayu lapis atau papan partikel. Produk ini masih harus bersaing dengan sumber perekat kayu lain, seperti kulit kayu Acacia mearnsii, kayu Schinopsis balansa, serta kulit polong Caesalpinia spinosa yang dihasilkan negara lain.

KANDUNGAN URICARIA GAMBIR SARAWAK :

Kandungan utama dan juga dikandung oleh banyak anggota Uncaria lainnya adalah flavonoid (terutama gambiriin), katekin (sampai 51%), zat penyamak (22-50%), serta sejumlah alkaloid (seperti gambirtannin dan turunan dihidro- dan okso-nya.[2] Selain itu gambir dijadikan obat-obatan modern yang diproduksi negara jerman, dan juga sebagai pewarna cat, pakaian.

Gambir ini ternyata dapat bertindak seperti obat bius dan dapat menahan rasa sakit antara 2 hingga 6 jam bergantung kepada jumlah yang dipakai.

Selain untuk pengobatan, gambir juga kerap dijadikan campuran untuk menyirih atau dalam bahasa setempat “menginang”. Campuran daun sirih, gambir, sedikit kapur dan sedikit buah pinang, menjadikan prosesi menyirih atau menginang dapat memberikan efek segar dan tenang bagi pemakainya. Selain itu, campuran ini terbukti dapat memperkuat gigi dan menghindarkan dari penyakit mulut dan gusi seperti sariawan dan gusi bengkak.

Begitulah kira - kira khasiat dan manfaatnya, Namun Akhir - akhir ini banyak juga Uricaria Gambir Sarawak di jual dan digunakan sebagai bahan campuran Obat Kuat Herbal Oles mungkin telah diteliti oleh para peneliti ternyata Gambir bisa memiliki fungsi lain apalagi kalau dicampur dengan bahan - bahan lain.



0 komentar:

Post a Comment